Rekening Pasif Pada PT Taspen


Penanya :

Riska Handira

Pertanyaan :

Saya ingin bertanya seputar rekening pasif pada PT. TASPEN (Persero). Yang saya tahu menurut TASPEN, rekening pasif merupakan dana pensiun yang tidak dicairkan selama 6 bulan berturut-turut. Apakah benar pengertian tersebut?
Kemudian, apa penyebab dari terjadinya rekening pasif? Apakah mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kinerja TASPEN?
Lalu bagaimana cara penanganan atas peserta yang terkena rekening pasif tersebut? Mohon untuk dijawab pertanyaan saya. Terima kasih.

Jawaban :

Rekening pasif adalah dana pensiun yang selama 6 bulan berturut-turut penerima pensiun melalui rekening belum/tidak mengambil uang pensiun. Penyebab terjadinya rekening pasif biasanya adalah karena penerima pensiun sudah meninggal atau pindah lokasi/domisili. Hal tersebut tidak berpengaruh pada kinerja PT Taspen secara umum. Penanganan atas peserta yang terkena rekening pasif tersebut, maka akan dilakukan penagihan oleh PT Taspen kepada bank mitra bayar. Selanjutnya sipenerima pensiun untuk mencairkan kembali dana tersebut, harus menghubungi Kantor Cabang PT Taspen dimana dia terdaftar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.