Perlakuan Hibah Pada LKPP


Penanya :

Nilawati

Pertanyaan :

Satker BNN Kab. Gayo Lues mendapat hibah berupa uang dari Pemda Kab. Gayo Lues, atas hibah tersebut sudah diterbitkan revisi DIPAnya, beberapa hal yg kami tanyakan sbb:

  1. Sampai sekarang satker belum mengajukan SP2HL ke KPPN, terkait penyusunan LKPP anaudited bulan Desember 2014 apakah perlu kami jelaskan pada Calk atau tidak?
  2. Satker ybs memberikan info kalau dari jumlah hibah Rp.100 juta hanya sejumlah Rp.6 juta saja yg mereka terbitkan SP2HL, atas kelebihannya belum mereka setorkan. Apakah nantinya akan berpengaruh pada LKPP? Demikian pertanyaan dari kami, mohon petunjuknya. Terimakasih

Jawaban :

Sesuai dengan Surat Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor S-9279/PB/2014 tentang  Kebijakan Akuntansi atas Transaksi pada Akhir Tahun Anggaran dalam Rangka Penyusunan LKKL Tahun 2014 serta Persiapan Penerapan Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Tahun 2015, atas hibah yang belum diajukan SP2HL’nya maka kas hibah tersebut dicatat dalam aplikasi SAKPA14 dengan jurnal neraca sbb: D 111821 – Kas Lainnya di Bendahara Pengeluaran K 219671 Hibah Langsung yang Belum Disahkan. dan diungkapkan secara memadai dalam Catatan Atas Laporan Keuangan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.