Hibah Pemilu Dari pemerintah Daerah


Penanya :

Aollya Rachman

Pertanyaan :

Untuk hibah pemilu dari pemerintah daerah kepada komisi pemilihan umum di daerah (1) apakah harus didaftarkan dan memperoleh no. registrasi ??? sedangkan dalam PMK No. 191 tahun 2011 tentang mekanisme pengelolaan hibah yakni pasal 1 ayat 2 “Pendapatan Hibah adalah setiap penerimaan Pemerintah Pusat dalam bentuk uang, barang, jasa dan/atau surat berharga yang diperoleh dari pemberi hibah yang tidak perlu dibayar kembali, yang berasal dari dalam negeri atau luar negeri, yang atas pendapatan hibah tersebut, pemerintah mendapat manfaat secara langsung yang digunakan untuk mendukung tugas dan fungsi K/L, atau diteruskan kepada Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah” (WAJIB DIDAFTARKAN) mengapa hibah pemilukada tidak ???.
Uuntuk apakah pengelolaan keuangan hibah K/L Vertikal masih menggunakan pengelolaan keuangan APBD ??? sementara K/L vertikal sudah diatur tentang tata cara pengelolaan keuangannya dalam PMK ??? tidak lagi ada pengelolaan APBD ???

Jawaban :

Hibah baik yang berasal dari Pemda/ Entitas lain di luar pemerintah pusat mengikuti ketentuan yang mengatur mengenai Pengelolaan Hibah. Dalam PMK Nomor 191/PMK.05/2011 tentang Mekanisme Pengelolaan Hibah, setiap hibah yang diterima baik dalam bentuk uang wajib melalui proses register, pengesahan rekening hibah, revisi DIPA, dan untuk selanjutnya dilakukan pengesahan di KPPN. Sementara itu untuk hibah berupa barang/jasa wajib melalui proses BAST, register, pengesahan pendapatan hibah di KPPN.
Pengelolaan Keuangan Pemerintah Pusat terpisah dengan pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah, sehingga untuk satker Pemerintah Pusat mengacu pada pengaturan keuangan pemerintah pusat, dan begitu pula sebaliknya untuk pengelolaan Keuangan Daerah.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.