Mekanisme Penyelesaian Dana Retur Dari Gaji PNS tahun 2014 (SPAN Sudah Beroperasi) Yang Tidak Akan Dimintakan Kembali Pembayarannya


Penanya :

HERWAN AGUS JATMIKO

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum Wr.Wb , sehubungan dengan adanya beberapa satker di wilayah pembayaran KPPN Bandung I yang tidak akan meminta kembali pembayarannya atas dana retur sp2d sesudah aplikasi SPAN maka kami mohon penjelasan terkait mekanisme Penyelesaian retur apabila yang terjadi adalah SP2D Gaji yang membebani BO II. juga peraturan yang mengatur masalah ini. mungkin dapat kami perjelas masalah ini, ada satker 414732 pegawai an. Aryanti risnadewi pada bulan September 2014 gaji yang bersangkutan diretur. Bulan Desember 2014 KPA mengirmkan surat pernyataan tidak akan memintakan kembali pembayarannya atas retur tersebut, sampai sekarang kejadian tersebut belum ditindaklanjuti oleh pihak KPPN Bandung I. Terima kasih atas bantuan dan pencerahannya.

Jawaban :

Untuk retur yang tidak dimintakan kembali dimana dana retur berada pada rekening rr KPPN dan SPAN blm beroperasi, berpedoman pada S-9196/PB.8/2014 tentang Penerbitan SP2D Retur dan Retur Backdate dalam rangka penyetoran dana retur SP2D TAYL pada Rekening rr BO I KPPN yang Tidak Akan Dimintakan Pembayaran Kembali. Untuk saldo rr KPPN dimana SPAN sudah beroperasi sedang disusun draft peraturannya.