Pembayaran Uang Harian SPPD Luar Kota


Penanya :

Linda

Pertanyaan :

Kantor Pusat berada di Aceh, ada salah satu kegiatan (workshop) akan dilaksanakan di luar aceh yaitu di Jakarta, namun masih dikantor sendiri (kantor perwakilan jakarta), sementara peseta rapat adalah murni pegawai kantor pusat yang berada di Aceh. Rapat dilaksanakan dengan menghadirkan narasumber. Peserta yang ditugaskan diberikan SPPD umum (Transportasi, Uang Harian, Penginapan), sementara dalam kegiatan rapat tersebut juga di alokasikan biaya konsumsi rapat (snack dan makan) utk sejumlah peserta workshop. Pertanyaannya apakah SPPD yang terdiri dari uang harian tersebut tetap dibayarkan penuh sementara pada kegiatan workshop tsb juga disediakan konsumsi makan siang dan snack. Demikian atas tanggapan dan jawabannya dan terima kasih

Jawaban :

Berdasarkan keterangan yang Saudara berikan kegiatan yang Saudara maksud dalam pertanyaan adalah kegiatan perjalanan dinas dalam rangka mengikuti rapat, seminar dan sejenisnya.
Sesuai PMK Nomor 113/PMK.05/2012, rincian biaya perjalanan dinas dalam rangka kegiatan tersebut tercantum dalam Lampiran V PMK dimaksud. Peserta diberikan uang saku, uang transpor dan biaya penginapan. Uang Harian diberikan 1 (satu) hari pada saat kedatangan dan 1 (satu) hari pada saat kepulangan. Uang saku paket Fullboard diberikan sesuai standar biaya.