Tenaga Honorer Menjadi Pengelola Keuangan


Penanya :

MUHAMMAD NAFI

Pertanyaan :

Yth Tim Helpdesk Perbendaharaan, Apa dasar kebolehan menjadikan honorer menjadi pengelola keuangan?Mohon Solusinya, trimakasih.

Jawaban :
Pada prinsipnya pekerjaan pada K/L atau satuan kerja dilaksanakan oleh PNS. Namun demikian bila formasi PNS kurang mencukupi, satker dapat merekrut tenaga honorer untuk melengkapi PNS yang ada dalam melaksanakan tugas dan fungsi organisasi dengan spesifikasi dan kriteria yang dibutuhkan K/L atau satker yang bersangkutan termasuk honorer pengelola keuangan.
Namun demikian untuk posisi tertentu mensyaratkan harus PNS seperti KPA sebagaimana diatur dalam PMK Nomor 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan APBN, Bendahara sebagaimana diatur dalam PMK Nomor 162/PMK.05/2013 tentang Kedudukan Bendahara Pada Satker, dan Petugas yang ditunjuk oleh KPA untuk menyampaikan SPM dan mengambil SP2D sebagaimana diatur dalam Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-41/PB/2011 tentang Perubahan atas Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor PER-57/PB/2010 tentang Tata Cara Penerbitan SPM dan SP2D.