Tenaga Honorer Menjadi Pengelola Keuangan


Penanya :

MUHAMMAD NAFI

Pertanyaan :

Yth Tim Helpdesk Perbendaharaan, Apa dasar kebolehan menjadikan honorer menjadi pengelola keuangan?Mohon Solusinya, trimakasih.
Jawaban :

Pasal 5 Peraturan Menteri Keuangan  Nomor 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan APBN, disebutkan bahwa seorang KPA harus berstatus PNS. Dalam keadaan tertentu penunjukan KPA non PNS dapat dilakukan namun harus mendapat persetujuan Menteri Keuangan c.q. Dirjen Perbendaharaan, pasal 9 PMK No.162/PMK.05/2013 tentang Kedudukan dan Tanggungjawab Bendahara pada Satker Pengelola APBN.
Juga mengatur bahwa pengangkatan Bendahara dilakukan melalui proses sertifikasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan . Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi  untuk diangkat sebagai bendahara adalah pegawai negeri. Berdasarkan ketentuan diatas  penunjukan pengelola keuangan seyogyanya adalah seorang PNS. Hal ini juga untuk mempermudah proses penyelesaian tuntutan ganti rugi  apabila terjadi penyalahgunaan wewenang dan terjadi kerugian negara yang dilakukan oleh seorang pengelola keuangan.